7KRsK7G91oLXEBZA2ut0yNwonDNjM5FjA4atcrOo

Tips Mendaki Gunung Parimata, Randan Batu Toraja Utara

Sebelum melakukan aktivitas pendakian gunung tentunya banyak hal yang harus dipersiapkan terlebih dahulu, yang paling utama adalah kondisi Fisik.
Kondisi fisik yang fit sangat dianjurkan agar tidak mengalami resiko tertentu selama perjalanan, seperti pingsan atau kelelahan.
Gunung Parimata, Randan Batu

Gunung Parimata adalah salah gunung yang tidak terlalu tinggi yang ada di Toraja Utara jika dibandingkan dengan Gunung Sesean dan Gunung lainnya di Toraja.
Namun jalur tracking untuk menuju ke atas puncak sangat extrim, dan sangat dianjurkan untuk memakai perlengkapan yang dikhususkan untuk mendaki.
Bagi kalian pemula yang belum berpengalaman naik gunung dianjurkan di temani oleh pendaki yang sudah senior dan sudah hafal akan jalur yang akan dilalui nantinya.

Berikut Beberapa Tips Untuk Mendaki Gunung Parimata

  1. Yang paling penting Persiapkan Fisik dan Mental
    • Naik kepuncak gunung itu tidak sekedar merasakan kepuasan karena sudah menyentuh puncaknya. lebih dari itu ada pengalaman dan pelajaran hidup yang mungkin tidak akan kamu temui di tempat lain.
  2. Persiapkan bekal secukupnya, seperti makanan dan air mineral. jangan terlallu berlebihan agar tidak menambah beban saat proses pendakian berlangsung.
  3. Gunakan sendal atau sepatu yang memang dikhususkan untuk mendaki, karena jalur tracking yang akan dilalui banyak bebatuan tajam.
  4. Siapkan semua alat Camping jika ingin berkemah di atas puncak. untuk menikmati pemandangan Negeri di atas Awan di anjurkan bermalam diatas puncak.
  5. Siapkan pakaian hangat seperti 
    • Jaket, 
    • Kaus kaki, kaus tangan, 
    • Kupluk kepala, 
    • Sleeping Bag, dll karena di atas puncak sangat dingin di malam hari
  6. Jangan lupa membawa alat penerangan atau senter jika ingin bermalam di atas puncak
  7. Yang terakhir, yang paling penting adalah jangan lupa membawa Camera untuk mengabadikan momen berhargamu saat menikmati keindahan pemandangan di sekitar Gunung Parimta.

Waktu terbaik Untuk Mendaki Gunung Parimata

Untuk mendaki gunung parimata alternatif waktu yang paling tepat adalah Sore hari sekitar jam 14.30 - 15.00 wita ini untuk menghindari teriknya matahari saat proses pendakian.
Untuk sampai dipuncak dibutuhkan waktu kurang lebih 2 jam.

Setelah sampai dipuncak kamu bisa memasang tenda dan peralatan camping lainnya, lalu menikmati Sunrise dengan secangkir kopi hangat. pada pukul 17.00 wita udara sudah mulai terasa dinginnya, dingin khas Toraja.

Jika kamu ingin menikmati Pemandangan Negeri di Atas Awan disarankan untuk menginap di atas puncak, agar esok paginya kamu bisa menikmati pemandangan Awannya dengan Puas.
Sangat tidak dianjurkan untuk melakukan pendakian dipagi hari karena disekeliling jalur tracking akan diselimuti embun tebal yang bisa menghalangi pemandanganmu.
PENTING!!
  1. Wajib Lapor Sebelum Melakukan Pendakian
  2. Tetap Menjaga Tutur kata
  3. Jangan Meninggalkan Sampah di Atas Puncak
Related Posts
Tourraya.com
Wonderful Toraja

Related Posts

Posting Komentar